Persiapan Visitasi Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Menyambut Tim Asesor BAN-PT

Sabtu, 25 Juni 2022, Jelang kedatangan Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Tadulako (UNTAD), menyelenggarakan kegiatan yang bertema “PERSIAPAN VISITASI TIM ASESOR BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT)” , Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi, Ibu Wahyuningsih, S.E., M.Sc., Ph.D, dalam sambutannya berharap dengan adanya kegiatan ini Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi bisa lebih siap lagi dalam menghadapi Tim Asesor yang akan melakukan assesmen lapangan dalam waktu dekat ini, terutama untuk dokumen-dokumen fisiknya, beliau juga mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada teman-teman dosen yang telah membantu Program Studi dalam menyusun Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) hingga akhirnya bisa terupload di Sistem Aplikasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) akhir Bulan April kemarin, dan diakhir sambutannya Ibu Koordinator Prodi yang lulusan dari luar negeri ini berharap Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi mendapatkan akreditasi Unggul (A).

Dalam kegiatan ini juga turut hadir Direktur Pascasarjana Universitas Tadulako, Bapak Dr. Ir. Adam Malik, M.Sc., IPU., ASEAN Eng, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bapak Dr. Muh. Ikbal A, SE, Ak, M.Si, CA, dan tak lupa pula juga Program Studi mengundang Dua Pakar/Ahli tentang akreditasi dari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan , yaitu Bapak Dr. Syamsu, M.Si selaku Koordinator Pusat Layanan Akreditasi dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (PUSLAK SPMI) beserta Sekretaris PUSLAK SPMI Bapak Dr. I Wayan Sudarsana, M.Si, untuk memberikan saran-saran dan masukan dalam menghadapi Tim Asesor.

Dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara kegiatan ini Direktur Pascasarjana Universitas Tadulako menekankan bahwa Pascasarjana terus berupaya meningkatkan akreditasi semua program studi yang ada dibawah naungan Pascasarjana, di Tahun 2022 ini kira-kira ada 6 Program Studi yang telah mengusulkan untuk Akreditasi, Program Studi Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen, Magister Pendidikan IPS, Magister Pembangunan Wilayah Pedesaan, Doktor Ilmu Pertanian dan Doktor Ilmu Ekonomi, beliau juga berharap semua Program Studi yang mengusulkan Akreditasi mendapatkan hasil yang memuaskan. Dalam penyampaiannya juga Direktur Pascasarjana UNTAD juga menjelaskan bahwa saat ini status pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) Universitas Tadulako terus meningkat sehingga Menteri Pendididikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memberikan apresiasi khusus ke UNTAD dalam bentuk peningkatan anggaran. Oleh karenanya, Rektor telah menyampaikan akan memberikan reward khusus bagi Prodi yang mencapai akreditasi Unggul, agar lebih termotivasi lagi, imbuhnya. Selanjutnya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAD, yang juga memberikan sambutan pada kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa walaupun Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi ini berada dibawah naungannya Pascasarjana UNTAD, tetap akan mendukung dan membantu sepenuhnya proses akreditasi Program Studi Doktoral Ilmu Ekonomi UNTAD menuju unggul.

Dalam hal ini turut hadir juga Unit Penjaminan Mutu (UPM) Pascasarjana UNTAD yang mendukung dokumen dan penjaminan mutu internal, dan sekaligus menjadi bagian dari pelaksanaan visitasi sebagai salah satu unit yang akan dinilai oleh Tim Asesor dalam kriteria borang akreditasi.

Related posts

Leave a Comment